Home » » Asal Mula Nama Pinrang dalam Berbagai Versi

Asal Mula Nama Pinrang dalam Berbagai Versi

All Collection : ✮
Kallolona Lasinrang - Asal mula nama Pinrang - Ada beberapa versi mengenai asal-usul pemberian nama Pinrang yang berkembang di masyarakat Pinrang sendiri. Versi pertama menyebut Pinrang berasal dari bahasa Bugis yaitu kata benrang yang berarti air genangan, bisa juga berarti rawa-rawa. Hal ini disebabkan pada awal pembukaan daerah Pinrang masih berupa daerah rendah yang sering tergenang dan berawa.

Versi kedua menyebutkan bahwa ketika Raja Sawitto yang bernama La Dorommeng La Paleteange, bebas dari pengasingan dari kerajaan Gowa. Kedatangannya kembali ke Sawitto disambut gembira, namun mereka terheran karena wajah rajanya telah berubah.

Rakyat Sawitto kemudian mengatakan, “pinra bawangngi tappana puatta pole Gowa,” yang artinya wajah raja kita telah berubah semenjak kedatangannya dari Gowa. Setelah itu rakyat menyebut daerah tersebut sebagai Pinra yang artinya berubah, kemudian lambat laun menjadi Pinrang.

Sumber lain mengatakan pemukiman Pinrang yang dahulu rawa selalu tergenang air membuat masyarakat berpindah-pindah mencari pemukiman yang bebas dari genangan air, dalam bahasa Bugis disebut pinra-pinra onroang yang artinya selalu berpindah-pindah tempat. Setelah menemukan pemukiman yang baik, maka tempat tersebut diberi nama Pinra-pinra, selanjutnya berubah pengucapan jadi Pinrang.

Dikutip dari berbagai sumber terbaik...
Admin : Yunita Arlina